My Name Is Aji And I'm Not A Male. Now, I proud Of It

my name is Aji and I'm not a male 
gayanya Sharukh Khan di film My Name Is Khan

Yes, here I am.. 
gue anak kedua dari pasangan Raden Djoko Schurachman Ronodirdjo dan Ingrid Maria Isakh. 
You know, bokap gue jawa banget nget nget sementara nyokap itu campurannya banyak ada sunda, manado, belanda, jerman, prancis, jawa, ambon, dkk, gado-gado deh. Gue punya seorang kakak perempuan yang usianya berbeda 7 tahun bernama Ajisela Agripinna Ranadirdja.
Semenjak kecil gue dipanggil "ega" oleh orang-orang terdekat gue, sementara di TK gue dipanggil "Mega", sejak sekolah, kakak gue dipanggil "Aji" dan gue rasa itu keren dan akhirnya saat SD gue mau dipanggil "Aji" tapi lama-lama gue merasa risih, akhirnya mulai SMP gue dipanggil "Ega" lagi sampai sekarang. sementara kakak gue ya dia dipanggil "Aji" terus, hanya saja dikantor ia dipanggil "Sella".

Asal mula kata Aji adalah... A(nak) J(oko) I(nge), ya nama panggilan mama emang Inge, itulah sebabnya gue dan kakak gue dinamakan Aji. Jujur, gue sempet minder, minder semindernya, Aji kan nama cowok tapi ya lama-lama gue bangga, itu ciri khas. cewek bule banyak yang pake nama cowok tapi mereka stay cool aja kok, Taylor Swift, Jodi, Niki, Sam, Mario, dan masih banyak lagi, itulah motivasi gue selanjutnya, mereka aja gak malu kenapa gue harus malu

Dan dulu ada yang gue benci adalah, nama gue pendek banget cuma "Aji Megarani" sementara kakak gue "Ajisela Agripinna Ranadirdja" dan artinya indah. aji, ya you know lah, sela katanya dalam bahasa jawa artinya beruntung atau apa gitu, itu nama dari Abah. Agripinna adalah nama istri dari raja Herodes kalo gak salah yang berhati baik dan bijaksana, ya itu nama dari mama. dan Ranadirdja adalah bentuk cewek dari Ronodirdjo, marga Abah. sementara gue, Megarani... Mega artinya besar, pemimpin padahal mah itu karna Abah dulu mengidolakan Megawati -__-. sementara Rani yang berarti Tiara/berlian/mahkota itu juga nama dari bokap, mama ngasih nama apa? trus mana marga gue? seakan-akan gue bukan anaknya dah, zzz. 
Setelah dewasa, gue berani nanya ke mama, dan alasan mama adalah "Kamu keluarnya keduluan sih, mama belum siap ngasih nama makanya pendek aja biar cepet" WTF! Gue emang lahir di bulan ke8 tapi jelas-jelas dibulan ke7 lah biasanya pasangan suami istri mempersiapkan semuanya. trus saat gue tanya dimana marga gue, alesannya adalah "Mama kan kerja dek, Abah males ngurusinnya, akte kamu aja keluar 4 bulan setelah kelahiran kamu, itu juga keluarnya dii Jakarta Barat padahal masukinnya di Jakarta Timur, tuh gara-gara lewat calo-calo" Oh Gosh!
dan ternyata saat gue melihat surat lahir yang dikeluarkan Rumah Sakit, benar saja, sebenernya nama gue adalah "Ajimegarani Ranadirdja" tapi akte gue sekarang apa.. hanya "Aji Megarani" udah marganya ilang, spell-nya beda lagi. tapi lagi-lagi gue bersyukur setidaknya gue gak capek buletin lembar jawaban buat ngisi nama saat UN. Thanks God...

Florentina... kalian pasti bingung kan dari mana nama itu berasal. 
Yap, sebagai seorang Kristiani, kami harus di babtis, biasanya pembabtisan dilakukan saat masih bayi dan diberi nama babtis, seperti nama rasul, orang-orang kudus/martir, malaikat atau nama yang dianggap suci deh. tapi karena mama katholik dan abah muslim, akhirnya abah bilang jangan dibabtis dulu, biar kita yang milih pas udah gede, demokratis sih tapi itu lebih disebabkan abah mau salah satu dari atara kamu memeluk agamanya. jujur ya pas kecil gue tuh sholat iya, gereja iya, pusing kan? tapi karna gue lebih deket sama mama dan mama yang lebih sering beribadah ya akhirnya gue dan kakak gue mengikuti keyakinan mama (walaupun gue duluan yang dibabtis daripada kakak gue). Dan saat di babtis, mama memberi nama Florentina yang berarti cantik/bunga/wangi/semerbak. Sebenernya itu juga atas persetujuan gue karna gue pengen punya nama yang rada keren dan setelah pertimbangan mama dan mba dan tentunya gue, akhirnya nama "Florentina" terpilihlah

Gue rada bingung sih sama nama gue sampe sekarang. di gereja nama gue "Florentina Aji Megarani", di kartu asuransi, nama gue "Aji Megarani Isakh", dan di surat kelahiran gue namanya "Ajimegarani Ranadirdja", eh di akte lahir nama gue "Aji Megarani" -____-"

Dan apapun namanya, thanks Mom and Dad for gimme this name. Now, I'm Proud of it...

"My Name Is Aji And I'm Proud Of It ;)"

Komentar

  1. Really nice story, nama yang unik dear ;)

    i followed you ^^
    want to follow me back?
    http://amalia-aira-malichi.blogspot.com/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Cewek vs Bahasa Cowok

My Chairmate

my brothers