Hidup itu Penderitaan, yes or no?

mau gimana pun kita gak bisa ngelak kalo hidup tuh penderitaan. mau bukti? buat terus hidup kita harus makan, buat makan kita harus punya uang buat beli, biar punya uang kita harus kerja, kerja itu capek banget. kalo gak mau kerja kita harus nanem bahan makanan sendiri, nanemnya juga kerja keras. Biar dapet posisi disebuah perusahaan atau jadi orang kaya, kita harus pinter buat pinter kita harus belajar, sekolah, kuliah, dan itu berat bangeeeeet, selain lama, mahal dan nguras otak banget. semua tuh butuh usaha, usaha itu sebuah penderitaan. jeng jeng tapi itu pikiran orang pesimis, pikiran orang yang cepet ngeluh, cemen, lembek, apatis, pasiif, dkk. kalo gue sih ya let it flow aja, think tomorrow never come aja tapi dalam otak gue tetep, Dreamer! gue selalu punya mimpi jauh kedepan. Jujur nih ya, gue pernah loh mikir enakan mati aja. gue merasa mati itu tenang, ditambah quotes di Twilight Saga "Death is peaceful and easy. Life is harder" dan kata si Bella ke Edward pas baru kenal "Tidak adakah yang pernah memberitahumu bahwa hidup tidak pernah adil?" dan jujur gue pernah merasa kaya pengen mati besok, tapi satu yang menyelamatkan gue, karna gue takut akan rasa sakit dan darah, gue gak mungkin berani motong urat nadi gue dan karna gue gak berani minum racun soalnya ya itu, gue gak berani sakitnya hahaha.
Jaman SD gue pernah mau kabur dari rumah cuma karna gue dapet ulangan 0 karna gue ribut dikelas, tapi gue hadapi ocehan nyokab dirumah. Saat SD juga gue pernah mau mengakhiri hidup cuma karna nyokab tahu kalo gue itu nge*****, trus saat mama dipanggil ke sekolah karna kasus gue numpahin paku payung, ergh pengen banget gue mati saat itu, malu dan takut itu bikin gue panik. saat sekolah ngerjain gue dengan bilang gue gak lulus, gue berharap saat pulang ada truk tronton yang nabrak gue, ini beneran. saat SMP, saat gue diputusin pacar pertaman gue, itu juga sakitnya kaya gue gak mau sekolah dan berharap ada orang yang nembak kepala gue sampe gue mati. dan saat usia gue 10 tahun, yap saat kejadian itu, gue berharap banget saat gue tidur, gue gak bangun-bangun lagi. apa yang gue rasain itu bukannya hiperbola tapi serius. tapi balik lagi, saat itu gue inget, gue punya Tuhan yang menuntun gue, gue punya Yesus yang menggendong gue dan itu bikin gue sadar gak ada cobaan yang lebay, semua pasti ada maksudnya.
Dulu gue benci banget ada dirumah, rumah tuh such a hell bagi gue, tapi sekarang gue betah aja sebulan dirumah doang, kenapa? ya semua itu berawal dari akhir SMP, saat itu gue mengenal orang-orang yang berbeban berat tapi masih bisa menikmati hidup yap Kak Kiki dan Kak Ipung, dua kakak-kakak ku saat ini. mereka mengajarkan gue gimana caranya tertawa dalam penderitaan, melihat sisi dramatis dari kacamata komedi. dan sekarang inilah hasilnya, seberat apapun beban gue, perasaan yang melanda gue, gue masih bisa tersenyum dan bercanda karna apa, karna gue gak mau beban itu membebani gue berkepanjangan, gue mau melihat beban berat itu seperti kotoran di ujung kuku.
Gue bisa cuek sama keadaan karna gue pernah terlalu sensitif, dan itu membuat gue merasa jijik sama diri sendiri. sedikit-sedikit tersinggung, sedikit-sedikit ngeluh, pesimis banget.
ya, gue bisa merasa puas karna sebelumnya gue gak puas, gue bisa merasa senang karna gue pernah sedih, gue tau betapa berharganya senyum karna gue pernah nangis, gue bisa kuat karna gue pernah jatuh, dan sekarang gue bisa bersyukur karna sekarang gue sadar, hidup itu kenikmatan, belajar menikmati pahit manisnya, terang gelapnya dunia. gue mulai terbiasa dan menikmatai ke-flat-an, ke-monoton-an dan kegiatan gue yang membosankan karna gue terbiasa dan mencoba menikmatinya. dan setiap waktu gak mungkin terulang kembali jadi nikmatin aja selagi bisa, apa lo mau suatu saat setelah lo mati, lo baru nyesel kenapa kerjaan lo tiap hari ngeluuuuh mulu padahal hidup itu cukup indah kalo kita menikmatinya.

Dan gue pernah liat tweet gini "God gave you a gift of 86400 seconds today. Have you used one to say 'Thank You'?" itu bener loh, setiap detiknya itu anugrah, muzizat kecil yang kita alami, kalo Tuhan mau, bisa aja detik ini gue masih nulis eh detik selanjutnya gue udah gak nafas karna emang kehendak-Nya, ya kan? dan sebelum semuanya terlambat, "nikmatilah hidup seakan tidak ada hari esok dan jangan lupa bersyukur" ;)

Nb: orang pesimis itu orang yang gak beriman, karna orang beriman pasti tau "Semau akan indah pada waktunya" dan percaya deh semua pasti berakhir indah, kalo belum indah itu semua belum berakhir. walau menurut gue "gak ada akhir, yang ada adalah awal dari sesuatu yang baru" (it's not the end, it's just a beginning)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Cewek vs Bahasa Cowok

My Chairmate

my brothers