It's My Life

You don’t need any permission to live your life…

Gue baru aja menemukan quote itu, bukan dari google, tumblr atau weheart, tau dari siapa? Nyokap gue! Saik gak tuh?
Ini semua bermula dari pembicaraan bodoh yang mengada-ada kalo gue mau sekolah dan pindah ke Belanda, dan jawaban nyokap gue nyeleneh akhirnya gue mengucapkan “Mama mah ngomongnya terserah mulu”, dan dia menjawab “yaiyalah, hidup hidup kamu, kamu harus pilih sesuai mau kamu, jalan kamu, tanggung akibatnya juga sendiri” ya itu kata andalan nyokap gue, tapi saat ini dia menambahkan, “kamu gak butuh izin dari siapa-siapa buat ngambil jalan kamu, satu-satunya izin ya mama soalnya mama yang ngeluarin dan ngehidupin kamu, kalo mama aja ngizinin, gak ada orang yang berhak ngelarang kamu, sebenernya mama gak izinin pun kamu punya hak buat tetep ngikutin mau kamu, udah diatas 21 tahun kan? Tapi ya kamu tau kan restu orang tua itu nomor satu, apalagi doa ibu

Gue mulai mengada-ada, mencoba ngebuat nyokap bilang “enggak” gitu.
Kalo aku tinggal di Belanda gak pulang-pulang boleh? – Gapapa, asal biayain mama biar mama bisa nyusul, mama kan mau liburan juga

Kalo aku resign gara-gara males kerja boleh? – Boleh, tapi jangan minta uang ke mama kalo mau main atau beli apa-apa.
Kalo aku sampe umur 40 gak nikah gimana? *amitamit – asal kamu gak kesepian dan bahagia sama apa yang kamu jalanin
Kalo aku gak punya anak gimana? – banyak anak yang gak punya orang tua yang bisa kamu urus, asal kamu sehat-sehat aja ya jangan sakit, penyakit perempuan serem-serem
Kalo aku kabur dari rumah trus gak ada kabar? – sok aja kalo kamu mau liat mama sakit gara-gara khawatir
Kalo aku jadi penjahat gimana? – tanggung akibatnya sendiri, jangan lari ke mama pas lagi ada musibah.

Gak pernah ada kata enggak, terakhir dia menambahkan “Mama gak pernah maksa kamu ngambil jalan, sebisa mungkin mama memperkenalkan semua jalan yang mama tau ke kamu, terserah kamu mau ambil yang mana. Nah mama kan gak pernah maksa kamu, makanya kamu gak bisa narik mama kalo kamu kena imbas dari jalan yang kamu pilih, kamu gabisa nyalahin mama kalo ternyata kamu menyalahgunakan kesempatan yang ada

That’s my mom…

Ternyata pikiran gue hampir kaya copy-paste otaknya dia… you know, I don’t need DNA test to know she’s my real mom and real teacher.


Dan terakhir gue nanya iseng, “berarti aku gak perlu nyetor tiap bulan ke mama ya?” dan jawabannya nyeleneh lagi, “orang ngekos sama makan aja bayar, masa kamu enggak sih padahal dapet service ekstra dari umur kamu 0” kamvreeeeet, emang paling gak bisa ngalahin seorang ibu ya, kalo kita perhitungan pasti kita selalu kalah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Cewek vs Bahasa Cowok

My Chairmate

my brothers