23 November 2014

disadarkan Slank

cinta itu rasa, 
cinta itu dalam, 
cinta itu di dada

cinta itu jiwa, 
cinta itu percaya, 
cinta itu setia 
dan 
cinta itu ada...

cinta itu kamu


Pernah berpikir 'tuk pergi dan terlintas tinggalkan kau sendiri
Sempat ingin sudahi sampai di sini, coba lari dari kenyataan
Tapi ku tak bisa jauh jauh darimu, ku tak bisa jauh jauh darimu
 
Lalu mau apa lagi kalau kita sudah gak saling mengerti 
Sampai kapan bertahan seperti ini?
Dua hati bercampur emosi tapi ku tak bisa jauh jauh darimu
Ku tak bisa jauh jauh darimu!
 
Sabar sabar aku coba sabar
Sadar sadar seharusnya kita sadar 
Kau dan aku tercipta gak boleh terpisah!
 
Dan tak bisa jauh jauh darimu 
Ku tak bisa jauh jauh darimu! 




Ku tak bisa - Slank

20 November 2014



too much reason,
 
You don't understand , You don't love me, 

I hate you all, I hate me, 

I hate being woman, I hate this life.

Hug me tight, let me cry,

I know you lie, 

go away, leave me,

hold me, let me loud,

take my hand, handle me,

I wanna die early...

13 November 2014

BUKAN DARAHMU



Dunia itu indah...
Manusia yang membuatnya menjadi busuk!
bukan, bukan manusianya hanya sifatnya, ego nya dan nafsu nya.
Kehidupan menjadi lucu, sangat lucu
hingga tak terdengar lagi gelak tawa
hanya ada air mata
yang jatuh begitu saja saat malam menjelang
lucu...

dan apa yang harus kita lakukan hanya berjalan maju, melupakan semuanya dan menjali hidup kita masing-masing.

Terus melangkah melupakanmu
Lelah hati perhatikan sikapmu
Jalan pikiranmu buatku ragu
Tak mungkin ini tetap bertahan

Perlahan mimpi terasa mengganggu
Kucoba untuk terus menjauh
Perlahan hatiku terbelenggu
Kucoba untuk lanjutkan hidup

Engkau bukanlah segalaku
Bukan tempat tuk hentikan langkahku
Usai sudah semua berlalu
Biar hujan menghapus jejakmu


aku bukan darah mu, aku merdeka
 
Keluarga, tempat dimana bisa berkeluh kesah dengan kemunafikan dunia, tempat dimana kita dilahirkan dan di didik, kita tidak bisa memilih dimana kita dilahirkan, dna siapa bertemu siapa tapi kita bisa memilih dimana kita akan hidup dan menyebutnya keluarga.

Keluarga adalah ia yang mendorong mu ketika sudah tidak sanggup menanjak, ia yang menarikmu saat terjatuh, ia yang selalu ada di sisimu saat kita hilang arah dan membantumu menemukan jalan pulang, ia yang menghapus air matamu dan membuatmu kembali tersenyum, ia yang membentengimu ketika mereka siap menyerang punggungmu, ia yang tetap berada disitu tersenyum dan berbisik "semua akan baik-baik saja" dan keluarga itu yang bisa kita pilih

begitu pula dengan semua relasi yang kita punya, kita memilihnya, darah tak berarti lagi, kita merdeka

dan aku bukan darahmu, jika kamu bisa pergi ke barat, aku pergi ke timur, jika kau terbang ke utara, aku terbang ke selatan, aku tidak selalu ada diperedaranmu, aku bukan darahmu, terlebih ekormu.

12 November 2014

ROTASI



hanya ketidakpastian yang pasti di dunia ini, tidak ada yang akan tahu apa yang terjadi sedetik kemudian, indigo sekalipun. Yang manusia punya hanya harapan, harapan yang ia percayai.

semua berubah, bergerak mengikuti orbitnya, waktu yang terus bergulir, manusia yang terus berpindah, alam yang terus berubah, dimensi yang tidak pernah menetap dan energi yang selalu bergulir dimanapun, kasat ataupun tidak kasat mata.

hanyalah naluri yang tetap tinggal dimasing-masing pribadi,
naluri pembunuh singa,
naluri berlari cheetah,
naluri terlelap koala,
naluri bersembunyi  tikus,
dan naluri bertahan hidup manusia.

serigala akan tetap menjadi serigala sejinak apapun ia dipelihara
domba akan tetap menjadi domba dengan atau tanpa bulu nya
vampire akan tetap menghisap darah dengan atau tanpa taringnya
dan anak kecil yang mencintai semua yang ada di dunia ini akan bertambah besar dan mulai membunuh  unuk bertahan hidup.

para pemain akan meninggalkan permainannya dan mengejar candu lain, dan akan kembali ke permainannya setelah ia sadar candu itu sudah lumpuh, diam, tetap, dan hanya bergerak memutarinya tanpa pergi kemanapun.

darah lebih kental dari air, itu bukan persoalan. darah hanya perjanjian abadi.
pemuja setan memberikan darahnya pada iblis sebagai abdi sejatinya
Yesus Kristus memberikan darahnya untuk penebusan kekal seluruh umat manusia
buah hati sebagai tanda bersatunya dua manusia sehidup semati
semua yang sudah mengalir dalam darah tidak bisa diputuskan semudah perhitungan alogaritma ataupun statistik, tidak semudah Einstein menemukan rumus energi.

Kematian yang memutus! dan kematian menyakitkan.
siapa yang mampu menahan derita kematian?
bukan ia yang merasa disentil oleh-Nya, bukan
bukan ia yang dituntut pihak lain. bukan
bukan ia yang merasa bosan dan butuh somthing new, bukan
bukan ia ingin merasa lebih dari yang lain, bukan
tapi, ia yang di sentuh, di jamah, di belai oleh Kasih-Nya yang besar
dan ia yang ingin merasakan Kasih-Nya
.

Semua hanya berotasi, terlihat bergerak, terlihat berubah tapi tetap disana

dan anak kecil itu?
memendam semua yang ia lihat, kejahahat atau kebaikan
semua yang ia tahu, yang membahagiakan atau menyakitkan
semua yang ia rasakan
dan tetap memasang wajah ceria itu, wajah tanpa dosa, tanpa beban dan tertawa lepas
menutupi wajah aslinya yang terlihat bertahun-tahun lebih tua

Siapa yang peduli dengan anak kecil itu?
Siapa yang peduli dengan ia yang selalu ada di peredaran?
Siapa yang peduli dengan apa yang ada dibalik senyum dan dibalik mata yang selalu merendah?
Siapa yang peduli dengan ia selalu terlihat menjalani semua dengan sukacita, tanpa beban, tanpa alasan?

Laut yang tetap tenang meski angin berhembus kencang
Pohon yang tetap diam dan tenang meski badai menerpa
Tanah yang tetap kering meski hujan turun tanpa henti
Dan anak kecil yang tetap tertawa meski ia melihat jasad ayahnya terbaring di depannya
Apa yang terjadi?



Banyak penjelasan yang tidak dapat dijelaskan kata-kata
Banyak cerita yang tidak diutarakan
Semua disimpain baik dan rapi di masing-masing pribadi
Karena semua pribadi mempunyai rahasianya sendiri, yang tidak ia katakan ke orang terdekat dan terpercayanya sekalipun, karena rahasia seperti peluru, yang jika kita tidak simpan sendiri, itu akan kembali pada kita dengan cara yang jauh lebih menyakitkan



terkadang tidak menceritakan berarti menutupi, menutupi berarti cheating, dan cheating berarti tidak jujur. dan apa yang bisa dipercayai jika sudah tidak ada kejujuran?

3 Juli 2014

Keep Holding On -Avril Lavigne

You're not alone, together we stand
I'll be by your side you know I'll take your hand
When it gets cold, and it feels like the end
There's no place to go you know I won't give in
No I won't give in 


Keep holding on
'Cause you know we'll make it through
We'll make it through


Just stay strong
'Cause you know I'm here for you
I'm here for you


There's nothing you can say (Nothing you can say)
Nothing you could do (Nothing you could do)
There's no other way when it comes to the truth so


Keep holding on
'Cause you know we'll make it through
We'll make it through

So far away, I wish you were here
Before it's too late this could all disappear
Before the doors close, and it comes to an end
With you by my side I will fight and defend
I'll fight and defend


Keep holding on

'Cause you know we'll make it through

We'll make it through


Hear me when I say when I say "I believe"
Nothing's gonna change nothing's gonna change destiny
Whatever's meant to be will work out perfectly


setia...
setia dengan macetnya jakarta, setia dengan salah satu brand tertentu, setia dengan team favorite, setia dengan idola, setia dengan komunitas, setia pada agama dan Tuhan, serta setia terhadap pasangan hidup.
Apa manfaatnya?
Bisa dibilang setia salah satu pekerjaan yang sia-sia, kecuali pada Tuhan dan agama ya, soalnya imbalan ada setelah kita gak di dunia ini, tapi yang lain, apa feedback nya?
setia itu bodoh...
makanya banyak orang western atau yang terlalu rasional gak mau terikat hubungan atau bisa dibilang "open relationship" alias semacam HTS-an gitu, tak terikat. gak ada yang satu, ada yang lain. ya, namanya juga manusia ketakutan terbesarnya adalah sepi dan sendiri, dan ya namanya juga naluri manusia yang memang diciptakan berpasangan dan saling membutuhkan lawan jenis

banyak orang, seumuran gue atau bahkan yang lebih tua melakukan perselingkuhan, dengan alasan bosen karena sang pasangan sibuk lah, gak ada waktu lah, cuek lah, atau bahkan yang pasangannya emang genit.
cara mereka? selalu ada cara, selalu ada kesempatan, seberapa intens nya pasangan itu ketemu atau tukeran hp bahkan tukeran rumah, selalu ada kesempatan, apalagi yang jarang ketemu, gak tau id dan password, dan komunikasi secukupnya, besar banget kesempatannya

tapi pernah denger kan kata-kata ini "Tamu gak mungkin masuk kalo gak dibukain pintu sama tuan rumah"

semua balik ke diri masing-masing sih, lebih ingin menyenangkan diri sendiri dengan ditemani banyak pasangan namun senang hanya sesaat, atau setia pada satu saja dan yakin akan memperoleh kesenangan dan kebahagian dikemudian hari. memilih merasa untuk tidak pernah kesepian atau menahan kesepian itu demi menjaga kepercayaan.

tinggal pilih deh

kalo gue?
I'll tell everything bout myself, my family, my friends, mu ex, my secret, my girl's secret, my conversation with peoples, BUT if you tell me yours first !
ya gue mah lempeng lempeng aja, lo baik, gue baik, lo berniat busuk, ya itu urusan lo sama Tuhan, gue cuma mau perbanyak pahala gue aja secara hidup gue juga gak terang-terang amat, jadi seenggaknya pahala yang gue dapet buat nambel buduk buduk gue aja, gitu aja kok

intinya sekarang, 
kalo kata mba Avril sih I wish you were here
kalo kata bang Adam sih Never gonna leave this bed
kalo kata gue, MALEM MINGGU LAMA BANGET

sekian ~

1 Juli 2014

don't tell them, show them

20 tahun...
dari dulu gue agak terbebani dengan umur yang udah berkepala dua. gue mulai bingung dengan apa yang harus gue jalani, ada yang bilang harus begini dulu, ada yang bilang selagi bisa 'sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui' kenapa tidak, ada yang bilang jalanin aja dulu, sementara menurut gue apa yang harus gue lakukan adalah menyelesaikan apa yang gue mulai dan mulai hal baru lagi, step by step, bertahap tapiiii...

apa yang orang lain lakukan di umur 20 tahun?
ada yang masih sibuk kuliah, menata kelas agar nilai menanjak, sibuk cuci nilai
ada yang masih main dan melupakan kuliah dan kewajiban kewajiban lain, sibuk menikmati indahnya dunia
ada yang sudah sibuk dengan tugas akhir dan skripsi
ada yang sibuk magang atau kerja sambil kuliah tanpa memperhatikan nilai yang mulai melemah
ada yang sibuk magang atau kerja sambil kuliah tanpa memperhatikan masa waktu kuliah yang ditentukan
ada yang sibuk kerja tanpa memperdulikan dunia perkuliahan
ada yang luntang lantung sibuk dengan dunianya sendiri
ada yang sibuk menghamburkan materi orang tuanya
ada yang sibuk meniti masa depan hingga lupa dengan lingkungan sosialnya

dan apa yang gue lakukan di umur 20 tahun?
kuliah di tingkat akhir dan belum bisa skripsi karena ketidaktahuan dan kemalasan dimasa lalu
main dengan teman-teman dengan dana seminimal mungkin
meniti masa depan dengan pelatihan pelatihan penunjang sebagai bekal masuk dunia kerja
menjaga kestabilan nilai dan mencoba meningkatkannya walau susah banget
dan mulai mencari magang demi pengalaman di CV dan menciptakan uang dari diri sendiri, tapi gak dapet-dapet.

kalah? untuk saat ini, mungkin. banyak diluar sana yang seusia gue jauh lebih berhasil, dan yang menyakitkan adalah PERBANDINGAN dari salah satu orang terdekat.
dari jaman SD, selalu ada pihak yang membanding bandingkan, "tuh kaya dia dong", "dia aja bisa, kalah kamu" or whatever sampai satu kali kata-kata itu keluar "dia aja yang jadi anak mama, lebih ngebanggain kan", dan sejak saat itu tidak ada banding membandingkan (di depan gue), tapi dari yang gue amati, ia selalu membicarakan dan membanggakan 'yang satu' dan menggagap gue sangat biasa sehingga tidak ada yang bisa ia banggakan di depan kerabat dan kenalan.
semakin dewasa, semakin bisa menentukan sikap, dan ini sikap gue hingga barusan ada sedikit obrolan 'serius' setelah obrolan-obrolan ringan.
M : mau sampe kapan kamu mau diem-dieman?
G : aku sih biasa aja, dia yang mulai dia yang selesain
M : dia kan udah mulai baik sama kamu walau gak langsung
G : secara gak langsung juga aku gak ada masalah apa-apa, ya pokoknya awalnya dia yang nyari masalah, dia juga yang harus selesain masalah, dia yang diem ya aku diem
M : kalo dia udah mulai biasa kaya dulu, kamu juga bisa kaya dulu?
G : gatau

dan kemudian terhening dan lagi-lagi pembicaraan yang udah canggung ini berlanjut
M : kamu gak jadi magang?
G : ya gatau, nyari magang lebih susah dari kerja, gak semua buka magang
M : iya tau, yaudah kerja aja, si biiip aja dulu kuliah sambil kerja kan
G : tar nilai aku turun drastis, salah lagi. tar kalo aku mau ikut SP, salah lagi. tar kalo aku sakit kecapean kuliah kerja, salah lagi
M : ya terserah kamu sih, itu kan buat kamu juga biar kamu bebas mau jalan kemana aja, mau beli apa aja
G : jadi gapapa nilai aku turun tapi aku sambil kerja?
M : ya jangan juga
G : lulus molor biar bisa cuci nilai, tapi sambil kerja?
M : jangan juga
hening ...

mulai merangkum kesimpulan pembicaraan terakhir, dan gue menyimpulkan yang ia inginkan adalah...
gue kuliah dengan nilai yang bagus, lulus tepat waktu, dan sambil kerja biar gak nyusahin banget, tapi apa bisa? iya bisa, bisa jadi zombie, bisa gila, bisa kena tifus, bisa gak punya kehidupan sosial lagi.

inilah alesan gue gak bisa ngobrol lama dan dari hati ke hati sama doi, terlalu sama sama menuntut.
yes, we are. we need each other, but we cant talk too long each other. just chat bout news and task.


"terkadang ada hubungan yang lebih baik bicara tentang kepentingan, kewajiban dan tidak cocok untuk mengobrol dari hati ke hati karena belum tentu keinginan dua belah pihak sama atau malah memberatkan satu dengan yang lain"




itulah alasan kenapa rencana jarang diumbar, ya karena ini, jika tidak berjalan sesuai rencana ada pihak-pihak yang menagih hasil dari rencana itu...

so, dont tell people your dreams and plans, surprise them if it works!

29 Juni 2014

salah siapa?

ada yang bilang, "ganteng/cantik itu relatif, tapi kalo jelek mah mutlak".
miris!

salah siapa kalo muka ada orang yang mukanya gak menarik? salah dia? dia udah berusaha menjaga penampilan tapi pasti ada aja yang bilang "gak pantes", "alay", "lebay", "gak orisinil" atau apalah, salah orangtua yang ngasih gen? gen kan turun temurun gitu aja, gak ada yang bisa dilakukan untuk ngerubah itu kecuali lo ilmuan kaya Tony Stark, atau bokapnya Peter Spiderman atau lo ketemu megatron atau optimus prime yang ngasih atom nya untuk merubah gen lo, terus salah siapa?
Takdir, satu-satunya cara ya jaga penampilan sebisa mungkin dan mencantikkan kepribadian, setidaknya ada nilai plus nya lah

pernah denger gak, "Cewek kalo dipuji cantik, ia akan senang dan melupakan semenit kemudian. tapi kalo cewek dikatain jelek, dia akan menjadi rendah diri dan mengingatnya seumur hidup mereka" and thats true! karna sekali dibilang jelek, jleb nya tuh kaya dibuang ke jurang yang ada di Lord of The Rings, malah mending dibuang daripada dibilang jelek. makanya sesama cewek sering saling memuji, ya itu biar tingkat kepercayaan diri meningkat bukannya malah merasa minder dan gak pantes ada di komunitas itu.

Salah Siapa?
bukan maksud untuk menyudutkan satu pihak, atau menyalahkan keadaan, atau malah menyalahkan Sang Pembuat Skenario. cuma bersikap netral karna gak ada yang salah bahkan mungkin pikiran kita yang salah.

it's like when i wait our chit chat, no phone, no webcam, just texting but that isn't flawless cause your jobdesk, so whose fault?
it's like when i wait weekend, just friday night, saturday and sunday morning just to see you, to meet you, but we cannot cause your overtime and my study, so who fault?
it's like when that moment comes, moment when i feel alone and cant talk anyone, and too hard to pass the night cause i miss our haha hihi chit chat, so whose fault?
it's like when i can't hold my feeling cause missing you drive me so mad and what i can do just laying and cry in midnight but i have to act like 'oh nothing, i'm ok' with my smile, even my heart scream 'fuck, i damn miss you', so whose fault?
it's like when every love song's lyric remind me at you, but i can't do anything, just for protect your health and give you more time just to sleep and refresh your body, so whose fault?

salah siapa?
gue yang pengangguran (sementara)? dia yang sibuk? keadaan yang gak mengizinkan?
NO !
gak ada yang salah, mungkin emang masa nya harus gini, mungkin emang butuh latihan untuk terbiasa, atau mungkin ekspektasi gue yang berlebihan atau gue belum siap. gue mencoba untuk gak nyalahin siapa pun dan apapun, termasuk diri gue sendiri (dari pada makin down gara-gara mojokin diri sendiri kan). jadi satu-satunya cara yah legowo dan tetap bersyukur.

Thanks God for him, for his responsibility, for his loyalty, for his power, for his faith, for his personality, for his maturity, and for his love

mungkin ada yang bilang inti dari relationship itu komunikasi, tapi kali ini gue bilang intinya adalah FAITH. keyakinan, kepercayaan, dan saling mengerti satu sama lain bukan mencoba mengerti satu pihak saja karena kita jalan berdua bukan sendiri. gitu aja sih, gak jelas ya? annoying ya? yaudah sih gausah dibaca kalo gak suka



Thanks God for this situation, I know this is a big lesson for me, I know this can makes me more stronger, more independent and more mature, and I know this situation can makes our relationship more more more mature. Just always guided us to keep hold on andpass every situation, please God. :)