Value


Entahlah, hanya pemikiran gue aja atau memang seperti itu. Seiring perkembangan zaman, kita di fasilitasi dan di mudahkan dari segala sisi. Transportasi, komunikasi dan layanan lainnya, pada akhirnya kita jadi effortless dan pemalas.
Dulu, jaman gue puber which is pas gue SMP sekitar tahun 2005-2008 itu perkembangan teknologi baru bermunculan. Beberapa temen gue belum punya HP, HP paling keren itu ya HP dengan kamera resolusi rendah dan speaker HP yg sember, mentok-mentok buat maen game uler. Dulu, pas gue lagi PDKT sama cowok, tau alamat email aja udah seneng banget. Kita saling bertuker kabar dengan SMS, iya satu kali kirim SMS itu 100-300 perak, mahal. Dan cuma pacaran sama orang tajir yang bisa telfonan apalagi sampe 30 menit, semua serba mahal. Kalo mau murah, ya ke wartel atau janjian online jam berapa gitu via yahoo messenger trus kita sama-sama ke warnet.
Semua butuh effort, effort buat saling komunikasi, selain ketepatan waktu online, uang pun jadi salah satu poinnya, kita menyisihkan uang jajan untuk beli pulsa dan ke warnet. Belum lagi buat jajanin es teh (bagi yang cowok) dan nonton bioskop sebulan sekali (tetep, di hari senin biar murah, alias nomat).

Saat itu ketepatan waktu sangat penting. Gue yang pulang sekolah jam 1, harus nungguin dia yang keluar jam setengah 3 (secara gue pacaran sama anak SMA atau sama anak kelas 3 yang ada PM). Begitu juga sebaliknya, dia yang nungguin gue selesai ekskul sampe magrib, semua di komunikasiin. Semua kita lakuin cuma biar bisa ngobrol setelahnya, ngobrolnya juga paling setengah jam sampe sejam sambil makan mie dan minum es teh, trus jalan bareng sampe ke halte, dan pulang masing-masing, gue naik metromini kearah manggarai, dia naik bus kearah pancoran atau balik lagi ke sekolah (ada beberapa mantan gue yang tinggalnya di deket sekolah).

Semua butuh effort. Sekarang? Chatting gratis dari aplikasi chat, telfon dan videocall pun sama. Ada Instagram buat pamer, dulu buat pamer ya cuma makan bareng dikantin, sesekali jalan sambil gandengan. Kuota internet pun sekarang murah, dan ada wifi dimana-mana. Semua jadi lebih gampang.
Dan gue kadang, karena sekarang semua menjadi mudah dan murah, semua tidak lagi di hargai.
Waktu, komunikasi, dan mungkin sex, semakin semua mudah di akses, semua menjadi berkurang value nya. Kaya iPhone, dulu cuma orang tajir dan penting yang pakai macbook dan iphone, sekarang? Value nya udah turun, anak SD pun udah pake iphone dan macbook.

Intinya, semakin mudah sesuatu di raih, value-nya akan turun. Tapi kalo sesuatu itu sulit dan butuh banyak pengorbanan dan perjuangan, believe me that’s worth it.

Banyak jalan menuju Roma. Banyak jalur menuju Tajur. Just thinking bout it dan jangan mager buat effort. The power of kepepet pun kadang membantu.

Kita semua punya kesempatan yang sama, hanya bagaimana kita mau mengupayakan kesempatan kita, karena perjuangan dan prioritas kita yang beda.
Waktu kita semua sama, 24 jam satu hari, hanya ada yang sangat memanfaatkannya dengan produktif, ada yang lebih mementingkan kenyamanan diri sendiri.
Your choice.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Cewek vs Bahasa Cowok

My Chairmate

my brothers