TULUS

Tulus… apa itu ketulusan?

Sebagian orang mengatakan tulus itu memberi tanpa mengharapkan apapun, sebagian lagi mengatakan tulus itu fana.

Banyak yang bilang kasih seorang ibu itu sangat tulus, tapi ada juga yang bilang kasih seorang ibu pada anaknya itu seperti menanam pohon, ia merawat, memupuknya dan menyiramnya hingga tumbuh besar agar suatu hari ia bisa duduk dengan teduh dibawah pohon itu, sementara pohon itu tetap menjalankan tugasnya dibawah teriknya sinar mentari yang menjadikan daun-daunnya kering dan berguguran.

Banyak yang bilang kasih sesama saudara itu tulus, tapi ada juga yang bilang itu hanya seperti merawat anak anjing yang setelah besar bisa menjaganya, berdiri paling depan untuk melindunginya, atau mengigit tuannya sendiri jika kasih itu salah diberikan.

Banyak yang bilang kasih seorang kekasih/pasangan yang paling tulus, jika ia tulus, mengapa ia masih menuntut? Mengapa ia begitu posesif dan cemburu? Mengapa ia selalu menjadi prioritas dan dominan? Dan mengapa harus diikat dengan komitmen?

Dan sebagian orang mengatakan kasih seorang sahabat adalah yang tertulus, sampai saat ini aku setuju walau tidak seratus persen, tapi hanya mereka yang tidak terikat komitmen ataupun darah denganmu, hanya mereka yang mampu pergi sesuka hatinya namun tetap memilih untuk disana saat kamu ada kesulitan, walau mencari sahabat yang baik tidaklah mudah dan cepat, butuh proses dan kegagalan berkali-kali. Sahabat tidak harus sejenis atau lawan jenis, kita bebas menentukannya, dan jika kamu menemukan sahabat lawan jenis, berhati-hatilah dengan ketulusannya. Jika sahabat itu tulus, mengapa mereka bisa jatuh cinta dan berharap lebih dari sahabatnya sendiri? Mengapa mereka tetap berusaha walau ia tau sahabatnya sudah (at least berfikir) bahagia dengan pasangannya? Haruskah persahabatan itu menghilang atau terbatasi?


Jadi adakah yang tulus di dunia ini?


Setidaknya berusahalah jadi orang baik, menjadi lilin dan air yang tenang dan membawa kehidupan di dunia yang sudah hancur ini, walau ketulusan sudah tidak ada lagi.




THE WORLD IS FULL OF NICE PEOPLE. IF YOU CAN’T FIND ONE, BE ONE

-NISHAN PANWAR

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Cewek vs Bahasa Cowok

My Chairmate

my brothers