benci

Kembali ke masa-masa sd saat kelas 2, ada satu cowo yang gue bnci banget banget banget, kenapa? Soalnya entah iseng atau apa, dia pernah numpahin air ke kepala gue. Setelah benci yang parah banget, akhirnya gue bisa bertingkah biasa aja disekitar dia, kita bisa duduk bareng lagi, main bareng lagi malah kadang ketawa bareng tapi seakan dia itu orang asing, ya lo gak harus kenalan secara pribadi kan untuk hanya saling duduk, senyum, ketawa, main dan lain-lain?

Beranjak ke kelas 5 atau 6 gitu, ada satu cowo juga yang super tengil dan gue benci banget banget banget, malah kita berdua pernah adu tampol, kenapa benci? Dia 2x ngebentak gue di depan umum, pertama dia bentak gue pas lagi main bola dan ngatain kalo cewek gak bisa ngapa-ngapain, and boom kita tampol-tampolan. Yang kedua pas gue kebagian duduk di meja dia (kan rolling tempat duduknya), dan mejanya penuh tip-x akhirnya gue ngapusin pake tiner, dan dia marah-marah sambil bentak-bentak gue di dalam kelas, akhirnya gue kesel gue tendang aja, dan dia ngebales gue. Tapi lucunya sama nih cowok, walaupun gue benci setengah mati, walaupun kita berantem, tapi kita tetep temen bahkan sampe sekarang. Gue dulu sering kerumah dia Cuma buat bisa minum teh botol gratis, dan dia sering kerumah gue Cuma buat bisa main ps. Kita saling benci, tapi kita tetep temen, bahkan pas lulus-lulusan kayanya kita yang nangis paling kejer padahal kita musuh semusuh-musuhnya loh, dia yang ngelaporin gue sampe nyokap gue dipanggil dan gue sempet dipanggil ke ruang kepsek gara-gara melakukan kesalahan yang gak gue lakukan di sekolah, dan gue sering banget ngaduin dia yang selalu nyontek dan cabut. Yea, we just like Tom & Jerry.

Pindah ke SMP. Banyak rival gue disini hahaha. Pas kelas 1, ada cewek yang entah kenapa benci banget sama gue trus gue juga kesel dong lah gue aja gak kenal tapi dia kesel banget sama gue, setalah nyari tau ternyata Cuma sirik aja wkwkwk. Di kelas 2 juga ada satu cewek ngeselin banget sampe bikin malu gue di satu angkatan, untungnya bisa di klarifikasi dan isunya selesai, tapi kalo dibilang apa gue benci? Kesel sih iya tapi untuk benci entah kenapa gak terlalu, ya biasa aja, lebih tepatnya gue marah dan malu, tapi saat dia kena getahnya sendiri tanpa gue berbuat apa-apa, ya gue seneng jadi fine-fine aja. Dan di kelas 3, ini puncaknya, ada satu cowo yang super duper nyebelin abis, kenapa gue bisa benci banget sama dia? Karena pertama dia sengak, kedua dia songong, ketiga dia sombong, keempat dia gak ada sopan-sopannya sama kakaknya. Kesel gue, ade macem apa dia, ya kalo gabisa sopan ya jangan bertingkah, ini waah kesel banget, trus kenapa gue peduli banget? Soalnya kakaknya itu emm ya you know lah. Hampir setahun gue benci banget sama dia, sampai seorang romo bilang “kenapa benci?” dan gue jelasin lah alesannya, trus dia bilang, “Benci sama orang Cuma buat hidup kamu gak bahagia, maafin orang bukan karena orang itu pantas dimaafkan, tapi karena kamu pantas hidup bahagia dalam damai” setelah denger itu kegerak lah gue tapi masih tetep gondok sama nih cowo, sampe akhirnya disebuah classmeeting dia ngajak ngomong gue duluan, pertanyaan standard “mau nitip gak? Gue mau beli minum” gue geleng acuh, tapi akhirnya dia balik bawa sebotol aqua pas gue selesai main basket, trus kita saling tuker tandatangan di seragam classmeeting, dan entah kenapa karena dia bisa bersikap biasa aja dan ramah gak pas yang gue liat ke kakaknya, benci gue ilang gitu aja. Kalo ditanya sekarang apa masih benci? Enggak.

Di dunia per abu-abuan. Ya ada, dan lagi-lagi seorang cowok, kakak kelas setaun diatas gue. Entah kenapa setiap gue lewat dia selalu nyir nyir, gue selalu dikata-katain dan entah kenapa dia sebenci itu sama gue. Gue ikutan benci sama dia karena dia itu nyolot, sengak, kampong, jelek lagi, gak ada bagus-bagusnya deh, ditambah nih cowo tuh pacarnya si cewek ngeselin pas gue kelas 2 smp, dan nih cowok sering ngatain gue di depan umum. Tapi thanks God emang rejeki anak soleh, backup yang belain gue banyak, pelatih basket kita, kapten basketnya dia, bahkan pas ada alumni dateng dan sang alumni (yang pernah punya cerita jaman gue smp) ngajak ngobrol gue dan liat gue di bully, jeger gantian tuh cowo yang di bully alumni. Sejujurnya masa-masa ini masa-masa paling asik, gak ada love story layaknya anak sma tapi seru, sang kapten basket cowo yang demen ngebully anak-anak lain tapi super baik sama team basket cewek, pelatih basket yang super duper asik yang kerjaannya anterin pulang dan traktir, dan mereka-mereka semua yang hilir mudik. Dan kalo ditanya masih benci apa enggak? Masih kesel, gondok tapi setelah dia kena batunya saat dia kecelakaan, gue Cuma bisa ketawa dan bilang “rasain”. Benci mungkin masih ada tapi asal dia gak mulai duluan, mungkin gue bisa bersikap biasa aja kaya sekarang, tapi kalo dia mulai duluan  lagi, ayo perang lagi.
Kuliah… ah sudah lah. Di semester 5 atau 6, seorang yang tiba-tiba ngatain gue. Kesel? Iya. Benci? Iya. Tapi pas gue pikir-pikir lagi, rugi juga ngebenci dia, mikirin dia gitu. Gue Cuma cukup tau aja, biar aja dia kena batunya nanti. Ngobrol? Masih kalo kepaksa, ketemu? Masih kalo kepaksa, respect? Enggak.


Jadi intinya sih, gue bukan tipe orang pembenci yang cukup lama, cukup tau aja gitu. Forgive yes. Forget no. walaupun gue kadang pelupa sama sesuatu yang gak gue pikirin, tapi gue gak pernah lupa sama apa yang PERNAH gue rasain even gue udah gak ngerasa lagi.
Gue Cuma mau hidup bahagia, damai, sentosa, tentram.
Pas gue mendam benci, rasanya sesek dada gue, bawaannya negatif mulu, apa yang tuh orang kerjain pasti salah hanya karena gue melihat secara subjektif, gue gak tentram sendiri. Dan akhirnya gue memutuskan untuk gak peduli, abaikan dan anggap orang itu seperti orang asing.
Cukup berhasil, gue gak sesesek itu dan gue gak merasa senegatif itu.
Gue bukannya mau ngebiarin orang gitu aja, tapi apa salah gue ngambil jalan itu demi dapet inner-peace? Toh ini hidup gue, seenggaknya gue harus naro diri gue sebagai prioritas kan?
So, gue memilih untuk tidak membenci seseorang… marah boleh, kesel boleh, bahkan menganggapnya seperti orang asing sepertinya lebih baik dibanding membenci…
Kan kaya ada orang yang ngomong gini, “Lebih baik diam dari pada mengeluarkan kata—kata negative”, so gue bilang “lebih baik anggap gak kenal dari pada memendam benci”

Love yourself first!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Cewek vs Bahasa Cowok

My Chairmate

my brothers