ambisi atau kurang bersyukur ?

"cengeng banget sih, gitu aja mewek"

sering banget gue denger kata-kata itu dari jaman gue nangis gara-gara gue gak bisa ngerjain PR Matematika yang (saat itu) gue anggep susah banget, sampe gara-gara merasa gak bisa melakukan sesuatu yang beguna bagi orang sekitar.

kalo ada mesin waktu dan gue bisa balik ke jaman gue SD, pasti gue bakal ngakak, malu bahkan ngatain diri gue sendiri yang nangis cuma gara-gara PR Matematika yang gak bisa gue kerjain dan mendapat nilai 4. atau pas gue nangis cuma gara-gara dapet hasil ulangan 0 gara gara ngobrol dikelas. terlalu fana
dan mungkin itu juga yang bakal dilakukan oleh diri gue dimasa depan kalo ngeliat gue sekarang yang merasa down cuma karena merasa gak layak bersaing, dan gak melakukan hal-hal yang berguna.

pas gue umur 3 tahun, gue iri ngeliat lingkungan gue notabenenya lebih tua, udah sibuk sekolah, udah punya seragam, punya buku tulis, punya buku gambar. akhirnya gue merengek untuk belajar baca tulis, dan hasilnya terlalu banyak buku dongeng yang gue baca. umur 4 tahun gue udah bosan, dan gue merengek untuk masuk TK, dan masuklah gue di TK. umur 5 tahun bosan dengan suasana TK yang gitu-gitu aja gue mau yang lebih, dan lagi-lagi gue merengek untuk masuk SD, susah payah mencari SD yang mau nerima anak umur 5 tahun akhirnya bisa juga. selama di SD juga gue gampang bosen, ekskul ini itu gue ikutin, les disana sini gue ikutin, sampe gue merasa cape sendiri dan gue ngikutin SD seperti biasanya. di SMP juga gitu, ekskul ini itu gue ikutin, bakset, taekondo, karya ilmiah remaja, paskibra, mading, les di primagama, les di IEC sampai akhirnya gue fokus ke 3 ekskul saja dan memperbanyak main dan les private doang saat mau UN. berlanjut akhirnya gue fokus sekolah, ekskul dan turnamen doang. dan akhirnya gue lulus...
jarak saat lulus sampe masuk perguruan tinggi itu lama (banget), bosen dirumah doang, main-main doang, nongkrong sana sini doang, akhirnya gue mencari kerjaan part time yang yaa lumayan lah buat jajan jajan lucu, sampe akhirnya gue berenti karna satu dan beberapa hal dan menjalankan kuliah sebagaimana mestinya... kuliah tok!
dan memang naluri bawaan dari kecil, sampailah disatu titik kebosanan. mau ikut semester pendek? bisa naikin IPK sih tapi itu juga kalo bisa dapet A. akhirnya nyari info sana sini dan gue memutuskan utuk ikut salah satu les bersertifikat, tapi gue masih merasa kurang, seminggu ada 7 hari dan gue baru menggunakan 2 hari untuk les, masih ada 5 hari lagi, dan kuliah masih sangat lama dimulai...

entah ini ambisi untuk semakin berkembang dan bersaing, atau kurang bersyukur?

sampai disatu titik gue terbebani sama keinginan gue sendiri, dan satu-satunya yang gue butuhkan adalah komunikasi. luapan emosi keluar gitu aja saat curhat itu terjadi, dan saat itu juga I feel so bad, bukan karena merasa gak berkompeten, tapi gue merasa kurang bersyukur.

bener ya, dengan bercerita walau mungkin jalan keluar gak dateng gitu aja, tapi sedikit beban itu hilang, dan bisa berfikir jernih. dan bagi gue yang cengeng  terlalu meluap emosi tertahannya, mungkin cara menjernihkan pikiran ya dengan mengeluarkan emosi tertahannya berupa ya ... gitu deh

so, ambisi itu boleh tapi harus diiringi dengan bersyukur penuh. ambisi ngebuat kita mau belajar, gak pernah puas berusaha dan terus maju, tapi bersyukur membuat kita rendah hati, down to earth dan lebih legowo menghadapi segalanya


ya intinya sih pas nonton bola apalagi pas Jerman main, jangan sampe ketauan kalo kita (gue) ngeliatin pemainnya bukan bola atau permainannya #salahfokus

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Cewek vs Bahasa Cowok

My Chairmate

my brothers